7 Kebutuhan Emosional yang dibutuhkan Dalam Hubungan

Dalam sebuah hubungan, ada beberapa kebutuhan yang perlu dipenuhi oleh setiap pasangan. Salah satunya yang punya peran penting agar hubungan sehat adalah kebutuhan emosional.

Saat kebutuhan emosional dasar terpenuhi, umumnya akan membuat Anda dan pasangan menjadi bahagia. Berikut tujuh kebutuhan dasar emosional yang perlu ada dalam hubungan.

Kasih sayangKasih sayang membantu mengikat dan meningkatkan kedekatan. Setiap orang tentu memiliki cara masing-masing untuk mengungkapkan kasih sayang atau rasa cinta. Tetapi, setiap pasangan umumnya terbiasa dengan pendekatan unik masing-masing untuk memenuhi kebutuhan ini.

Rasa diterimaMengetahui jika pasangan menerima apa adanya dapat membantu menciptakan rasa memiliki dalam hubungan. Rasa diterima akan membuat Anda merasa cocok dengan orang yang dicintai. Namun, jika tidak merasa diterima dalam hubungan, ini bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, bahkan kerenggangan hubungan.

Rasa amanHubungan yang sehat harus didasari rasa aman yang didapatkan oleh kedua belah pihak. Rasa aman dalam hubungan juga banyak bentuknya, seperti aman secara fisik, mengutarakan pendapat, berbagi perasaan atau rahasia, serta mendukung setiap keputusan yang dipilih. Jika tidak mendapatkan perasaan aman dalam hubungan perlu berhati-hati karena bisa saja hubungan mengarah ke toxic.

Rasa percayaRasa percaya beriringan dengan rasa aman. Setiap orang tentu ingin menjalin hubungan dan pasangan bisa dipercaya, begitu juga sebaliknya. Memberikan rasa percaya tidak terjadi begitu saja. Itu terjadi seiring dengan berjalannya waktu. Oleh sebab itu, memberi rasa percaya kepada pasangan serta tidak menyalahgunakan kepercayaan yang diberikan akan berujung tidak saling mengecewakan.

EmpatiEmpati adalah kemampuan rasa untuk memahami dan ikut merasakan apa yang dialami orang lain. Dalam hubungan romantis, kemampuan ini sangat dibutuhkan karena membantu Anda dan pasangan saling memahami situasi dan kondisi sehingga dapat membangun ikatan yang lebih kuat.

PrioritasSangat wajar untuk menginginkan pasangan menjadikan Anda sebagai prioritas. Namun, jika tidak merasa seperti diprioritaskan dalam hidupnya, Anda mungkin merasa seolah-olah ia tidak benar-benar menghargai kehadiran Anda. Jika sudah merasakan hal tersebut, komunikasi adalah solusinya agar hubungan tidak merenggang.

PrivasiWalau sedang menjalin hubungan, pastinya Anda tetap ingin memiliki privasi atau ruang untuk diri sendiri. Tetap saling menghargai privasi dengan cara memberikan kebebasan untuk menghabiskan waktu bersama teman, Anda bisa melakukan hal yang disukai dan menghindari kebiasaan untuk mengecek ponsel pasangan.

Kebutuhan emosional setiap orang berbeda-beda dan memainkan peran penting dalam kepuasan hubungan. Beberapa kebutuhan, seperti kepercayaan dan komunikasi, memang mempengaruhi keberhasilan hubungan. Tanpa kepercayaan dan keterbukaan, hubungan biasanya tidak akan berhasil dalam jangka panjang.

ANDINI SABRINA | HEALTH LINE

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.