Memahami Karakteristik Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah bentuk pertanggungjawaban atas seluruh transaksi keuangan yang dilakukan pada suatu perusahaan. Untuk itu kita harus memahami karakteristik laporan keuangan karena informasi yang ditampilkan adalah informasi yang memenuhi karakteristik kualitatif.

Apa saja yang harus dipahami dari karakteristik laporan keuangan?

  1. Laporan yang Relevan

Segala ukuran normatif yang harus diwujudkan dalam sistem informasi akuntansi untuk memenuhi tujuan laporan keuangan adalah karakteristik laporan keuangan itu sendiri. Karena merupakan suatu entitas yang bisa menggambarkan kinerja entitas di suatu periode tertentu.

Laporan ini dibuat dengan tujuan menyajikan informasi tentang kinerja perusahaan yang bermanfaat untuk mengambil keputusan bisnis. Laporan ini juga mempunyai sifat transparansi dan akuntabilitas terhadap perusahaan tersebut sehingga merupakan ciri khas dalam membuat informasi.

Untuk itu laporan keuangan sangat berguna bagi para pemakai dalam pengambilan keputusan yang bernilai ekonomis. Laporan keuangan akan dikatakan relevan apabila informasi yang disajikan dalam laporan keuangan bisa mempengaruhi keputusan ekonomi para penggunanya.

Salah satunya adalah membantu mereka dalam melakukan evaluasi kejadian masa lalu dan masa kini serta bisa mengoreksi atas hasil evaluasi di masa lalu. Itulah mengapa laporan yang relevan adalah aturan yang diharapkan oleh para pembuat laporan keuangan.

  1. Bisa Dipahami Siapa Saja

Yang paling penting dalam membuat analisis laporan keuangan adalah mempunyai karakteristik laporan keuangan. Karakteristik laporan keuangan yang kedua adalah bisa dipahami oleh siapa saja terutama bagi para pemimpinnya yang diasumsikan mempunyai pengetahuan yang memadai.

Pengetahuan yang satu ini adalah pengetahuan mengenai aktivitas ekonomi dan bisnis serta akuntansi hingga kemauan untuk mempelajari informasi tersebut dengan ketekunan yang wajar. Apabila laporan keuangan bisa dimengerti semua informasi yang disajikan maka akan mudah dipahami.

Pengguna laporan keuangan dikatakan bisa membuat laporan keuangan apabila bisa dipahami oleh siapa saja. Informasi tersebut tentu merupakan informasi yang menarik meliputi laporan keuangan dari awal hingga proses evaluasi nantinya.

  1. Skala Perbandingan

Dalam informasi yang terkandung dalam laporam keuangan tentu lebih berguna jika bisa dibandingkan dengan laporan keuangan periode sebelumnya. Utamanya adalah laporan keuangan entitas lain yang pada umumnya dan karakteristik ini tentu mempunyai tujuan.

Tujuannya adalah untuk membandingkan laporan keuangan perusahaan atau periode untuk melakukan identifikasi kecenderungan posisi dan kinerja keuangan serta melakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui posisi keuangan dan kinerja serta perubahan posisi keuangan secara relatif.

Demikian juga bisa membandingkan laporan keuangan dengan periode yang lampau. Skala perbandingan adalah ciri khas dari laporan keuangan yang telah anda buat sehingga laporan tersebut bisa diketahui meningkat atau menurun.

Dikatakan handal apabila informasi yang disajikan dalam laporan keuangan bebas dan tidak terikat dengan pengertian yang menyesatkan seperti kesalahan material. Sebagai pembuat laporan keuangan Anda harus menyajikan sebuah fakta yang ada secara jelas dan jujur dan terverifikasi.

Penyajian jujur dalam penelitian bisa dilihat dari pernyataan bahwa informasi yang dihasilkan bisa dipercaya oleh siapa saja. Adapun informasi akuntansi yang disajikan dalam laporan keuangan harus disampaikan secara jujur di setiap transaksi atau peristiwa lainnya dan disajikan secara wajar.

Laporan keuangan juga harus menjadi pertimbangan sehat dan bersifat netralitas yang mana informasi harus diarahkan pada kebutuhan umum pemakai yang tidak tergantung pada kebutuhan dan keinginan pihak tertentu.

Karakteristik laporan keuangan adalah sebagai sumber informasi terutama bagi pihak yang berkepentingan terhadap perusahaan karena akuntansi adalah proses pencatatan sekaligus pelaporan informasi ekonomi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.