Perlunya Menulis Jurnal Mimpi dan Manfaatnya

Ketika sedang bermimpi, pikiran manusia bekerja dengan unik. Mimpi terkadang menjadi satu hal yang membantu lebih mewaspadai apa yang terjadi di kehidupan masa mendatang. Misalnya, ketika bermimpi tentang ular, itu mungkin menandakan kematian, terlahir kembali, kreativitas, atau seksualitas.

Memaknai mimpi jelas potensi yang luas. Untuk memecahkan mimpi, Anda harus mengintrospeksi apa yang telah dilakukan dan yang terjadi di mimpi itu. Yang terpenting apa yang telah terjadi di kehidupan nyata. Untuk dapat menyelesaikan hal ini Anda bisa menggunakan jurnal impian.

Psikoterapis Annie Armstrong Miyao mengatakan, “Mimpi dapat mengungkapkan banyak hal tentang bagian diri yang mungkin membutuhkan perhatian. Mimpi juga merupakan cara untuk memproses pengalaman, mengungkapkan keinginan yang mendalam, memilah hal-hal yang telah mengganggu atau membingungkan, atau mencoba untuk mempersiapkan sesuatu yang ada di depan atau menakutkan.”

Cara mengetahui apa pesan yang sebenarnya ada di dalam mimpi dapat diproses menggunakan jurnal mimpi. Mengintrospeksi jurnal mimpi juga sangat penting dan dapat memberikan banyak manfaat.

Apa itu jurnal mimpi?Seorang peramal dan penerjemah mimpi dan penulis The Complete Book of Dreams, Stephanie Gailing, mengatakan jurnal mimpi adalah tempat untuk mendokumentasikan mimpi. Mendokumentasikan mimpi bukan hanya menulis di catatan dan menceritakan mimpi sebagai cerita tapi beberapa orang juga mendokumentasikannya dengan menggambar atau merekam di ponsel.

Untuk memutuskan bagaimana cara paling efektif mendokumentasikan mimpi adalah dengan memilih metode apapun yang paling mudah bagi diri sendiri. Seseorang memiliki kecepatan ingatan sendiri, maka itu cara paling efektif menentukan metode, tidak bisa ditentukan kecuali dari diri sendiri.

Manfaat membuat jurnal mimpiJika jurnal kreatif dapat meningkatkan kesehatan mental maka jurnal mimpi dapat menawarkan manfaat introspektif sendiri. Miyao mengatakan, “Anda tidak hanya kemungkinan besar akan mulai lebih banyak bermimpi tetapi juga dapat lebih mudah memperhatikan dan memahami pola dan tema, bahasa simbolis dari mimpi. Ketika merekam mimpi, itu bisa menjadi penanda pertumbuhan dan perubahan.”

Gailing menambahkan ketika Anda terus mendokumentasikan mimpi maka akan lebih mudah mengetahui arti mimpi. “Anda kemudian dapat memikirkan, merenungkan, dan melihat apa yang dicerminkan kembali dalam hal inspirasi, motivasi, atau emosi,” jelasnya, seraya menambahkan latihan ini membantu merenungkan hal-hal yang mungkin tidak muncul ke permukaan kesadaran di siang hari.

6 cara terbaik untuk menggunakan jurnal mimpiSimpan jurnal di samping tempat tidur “Hal terbaik yang harus dilakukan adalah menyimpannya tepat di samping tempat tidur dengan pena atau pensil,” kata Gailing. Hal ini tentu bisa memudahkan jika terbangun di malam hari dan ingin mencatat atau mendokumentasikan mimpi, tidak akan membuat Anda takut lupa apa yang sebenarnya terjadi di dalam mimpi.

Tulislah di jurnal mimpi bahkan ketika tidak bermimpi atau mengingatnyaJurnal mimpi membuat lebih banyak bermimpi, bahkan jika Anda tidak bisa mengingat mimpi atau tidak bermimpi, tetap disarankan untuk mendokumentasikan tidur di dalam jurnal mimpi.

“Bahkan jika tidak ingat mimpi Anda, saya selalu mendorong orang untuk tetap mendokumentasikan,” kata Gailing. “Anda mau karena itu membuat latihan terus berjalan. Ini masih merupakan pengesahan yang diimpikan.”

Tanggal dan judul setiap masukanWalaupun tidak bisa mengingat mimpi, pastikan tetap menulis tanggal dan judul di setiap catatan karena itu bisa menghubungkan antara mimpi-mimpi dan bisa masuk ke dalam pola tanggal dan tema mimpi.

Tulis dalam present tenseMenulis dalam present tense dapat membantu memilah-milah pikiran atau emosi yang terjadi dalam mimpi saat menceritakannya, Anda dapat mengelola mimpi melalui emosi tertentu.

Ingin tahu tentang semua aspek impian Simbol, lokasi, usia dalam mimpi, dan perasaan yang muncul dalam mimpi dapat menghubungkan ke kehidupan nyata. Anda juga bisa berbagi mimpi dengan orang yang dipercaya agar mengetahui bagaimana pendapat mereka tentang mimpi Anda. Mimpi dapat membuat Anda terhubung dengan kehidupan nyata.

Luangkan waktu untuk membaca jurnal Meluangkan waktu beberapa kali membaca kembali jurnal dalam sehari, seminggu, sebulan juga dapat membantu mengetahui potensi penuh apa yang dimaksud pesan di dalam mimpi. Jika sering membacanya maka Anda akan tahu pola yang dimaksud dari mimpi. Terkadang, pola-pola itu melampaui mimpi-mimpi sendiri, itu bisa menjadi hal-hal yang kreatif yang tidak akan disangka sebelumnya.

SHELAMITA AZZAHRA | WELL AND GOOD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.