Tak Hanya Suplemen 4 Gaya Hidup Ini Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Musim hujan di tengah pandemi COVID-19 yang sedang berlangsung dan meningkatnya varian omicron, Anda mungkin merasa stres dan khawatir akan sakit. Anda mungkin pernah mendengar bahwa agar tubuh Anda memiliki kesempatan terbaik untuk melawan virus, Anda harus fokus pada “meningkatkan” sistem kekebalan tubuh. Ini tidak sepenuhnya salah, tetapi sayangnya, mengonsumsi satu suplemen yang dikemas secara menarik di sana-sini tidak akan berhasil. Selain cara-cara yang terbukti untuk mencegah infeksi, seperti mendapatkan vaksin flu, COVID-19 dan booster, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil yang dapat Anda berikan kesempatan terbaik untuk mencegah terinfeksi virus.

Sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk mengetahui apa sistem kekebalan tubuh dan tujuannya. “Sistem kekebalan tubuh kita pada dasarnya adalah sistem dalam tubuh kita untuk memungkinkan kita tetap sehat, melawan infeksi, dan sembuh ketika kita bersentuhan dengan virus, patogen, atau jika kita hanya sakit,” kata Nicole Avena, asisten profesor ilmu saraf di Sekolah Kedokteran Mount Sinai, kepada POPSUGAR. Sistem kekebalan tubuh kita membuat kita tetap aman dan sehat, dan banyak hal yang membuatnya berfungsi dengan baik. Diet dan nutrisi Anda, stres, tidur, dan olahraga semuanya memengaruhi seberapa baik sistem kekebalan tubuh kita bekerja. Dan bagi sebagian orang, itu hanya karena genetika.

Berikut ini beberapa cara memperkuat sistem kekebalan tubuh

1. Tidur teratur

Tidur tujuh jam yang direkomendasikan setiap malam dan mengurangi stres adalah dua cara yang terbukti untuk meningkatkan kekebalan tubuh karena kurang tidur dan tingkat stres yang tinggi berdampak negatif pada kemampuan tubuh kita untuk melawan infeksi, jelas Dr. Avena. “Jadi saya memberi tahu orang-orang, ‘Jangan terlalu khawatir tentang mengonsumsi suplemen, atau minum teh khusus, atau minuman terbaru apa pun yang akan memengaruhi sistem kekebalan Anda. Ini benar-benar hanya masalah mencoba untuk bersantai dan mendapatkan lebih banyak istirahat,'” jelasnya.

Orang dewasa harus berusaha untuk tidur tujuh hingga delapan jam setiap malam, karena ketika kita tidak cukup tidur, “tubuh kita pada dasarnya harus bekerja lembur selama jam bangun kita hanya untuk membuatnya berfungsi dengan benar,” jelas Dr. Avena. Kafein dapat membuat Anda merasa berfungsi dengan baik, tetapi pada akhirnya, kurang tidur berarti sumber daya yang akan membantu tubuh Anda bersiap untuk melawan penyakit, kondisi, dan patogen diarahkan untuk membantu Anda menjalani hari. Ini seperti bermain olahraga tim tetapi kekurangan beberapa pemain, kata Dr. Avena. Anda mungkin bisa menang (dalam hal ini melawan penyakit dan patogen), tetapi itu akan jauh lebih sulit.

2. Kelola stres

Hal yang sama berlaku untuk stres. Jika Anda mengalami stres kronis, hormon Anda, khususnya kortisol (alias hormon stres), dapat terpengaruh, yang dapat menyebabkan lebih banyak masalah yang dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh. “Jadi stres, saya pikir, benar-benar sesuatu yang sulit untuk dikelola oleh banyak orang, tetapi sangat penting untuk tetap terkendali, karena itu benar-benar dapat membuka kotak masalah dalam hal membantu mendukung kekebalan tubuh Anda,” ujar Avena.

3. Olahraga

Selain mendapatkan lebih banyak tidur dan mengurangi tingkat stres Anda, olahraga juga dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh, menurut Dr. Avena. Saat Anda berolahraga, tubuh Anda menjadi lebih kuat. Dr Avena menjelaskan bahwa semakin baik bentuk tubuh Anda, semakin mudah bagi Anda untuk hidup, artinya tubuh Anda tidak perlu bekerja keras untuk memastikan persendian dan sistem kardiovaskular, misalnya, berfungsi secara optimal. Bagian terbaiknya adalah, semua jenis gerakan akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Anda dapat berlari, Anda dapat berjalan, Anda dapat melakukan peregangan selama 10 menit.

“Semuanya penting untuk membantu Anda tetap bugar dan menjaga agar sistem kekebalan tubuh dapat berfungsi sebaik mungkin,” kata Dr. Avena.

4. Batasi makanan olahan, tinggi garam dan gula

Makanan juga dapat memengaruhi seberapa baik fungsi sistem kekebalan tubuh, tetapi tidak ada daftar pasti item yang harus Anda makan untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda. Dr. Avena merekomendasikan untuk membatasi jumlah makanan olahan, tinggi garam, dan tinggi gula yang Anda konsumsi. “Semua hal itu akan berdampak negatif pada kesehatan kita, dan pada gilirannya, pada sistem kekebalan tubuh kita,” katanya. Anda masih bisa makan makanan seperti donat dan keripik, tapi seperti kebanyakan makanan, ini tentang keseimbangan. Dr. Avena menekankan mendapatkan berbagai nutrisi dalam tubuh Anda dan tidak mengikuti diet ketat karena dapat menyebabkan kekurangan nutrisi, yang dapat berdampak negatif pada fungsi sistem kekebalan Anda.

Mengkonsumsi makanan yang secara alami mengandung vitamin C (buah jeruk, sayuran berdaun hijau, dan ubi jalar, misalnya) dan seng (daging merah, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan dan biji-bijian) dapat membantu. Jika Anda tidak mendapatkan nutrisi ini dari sumber makanan, suplementasi dengan vitamin C dan seng dapat bekerja, kata Dr. Avena. Jika memungkinkan, ia merekomendasikan untuk mencoba mendapatkan nutrisi ini dari makanan karena tubuh Anda akan menyerap dan memanfaatkannya dengan lebih baik. Mengkonsumsi satu suplemen tidak akan tiba-tiba meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan Dr. Avena merekomendasikan untuk mengambil pendekatan holistik dan membuat perubahan gaya hidup agar sistem kekebalan Anda berfungsi dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.